Alamat: Ds. Bulus, Kec. Gebang, Kab. Purworejo, Jawa Tengah 54191

Buka : 7.00am - 3.00pm

Jumat - Libur

Berita, Minggu, 26 Januari 2020

Pelantikan Dewan Ambalan Sunan Kalijaga Berlangsung Sakral dan Khidmat

By Admin - 0 comments 18

MA Al-Iman−Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan madrasah dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis.  Sasaran dari kegiatan ini antara lain pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur. Selain itu, Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat serta bangsa Indonesia. Untuk itu, sebagai wujud meningkatkan kualitas gerakan kepanduan di gudep MA Al-Iman, telah dilaksankan pelantikan dewan ambalan masa bakti 2020-2021 pada Kamis (23/01) di lapangan Desa Bulus.

            Dalam pelantikan tersebut, Kemabigus Abdul Ghofir Muslim, S.I.P, M.Pd.  melantik 36 dewan ambalan. Prosesi pelantikan ini berlangsung sangat sakral dan khidmat. Ditandai dengan peserta yang hadir dalam upacara tersebut terlihat berlinang air mata saat perwakilan dewan ambalan yang baru, mengikrarkan kesetiannya pada pramuka. Pelantikan tersebut diawali dengan pembacaan surat keputusan hasil sidang, penyampain ikrar, pengucapan Trisatya dan diakhiri dengan penyiraman air suci yang dicampur dengan bunga mawar.

            Dalam pelantikan itu, Kemabigus Abdul Ghofir Muslim, S.I.P, M.Pd.  menyampaikan amanat yang akan diingat oleh dewan amban Sunan Kalijaga.

“Wahai adek-adekku, generasi tunas bangsa. Marilah kita bersama-sama kobarkan semangat juang kita, semangat pramuka, tirulah semangat yang dimiliki oleh Baden-Powell, Bapak Pandu dunia. Ada ajaran yang bisa ditiru dari beliau, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Caranya cukup sederhana, semisal membantu menanam pohon, membuang sampah pada tempatnya, sayangi teman dan saling menolong. Penegak Sunan Kalijaga bukan menjadikan kalian sombong karena dua tingkat lebih tinggi dari adek-adek tingkat dan penggalang, melainkan menjadi contoh yang baik, bagi adek-adek siaga dan penggalang. Hormati yang lebih tua dan sayangi yang lebih muda. Itulah sebagia bentuk kalian menjadi pribadi pramuka sejati,” tuturnya.

            Sebelum menutup amanatnya, Kamabigus juga menyampaikan, bahwa pramuka harus memilki jiwa “AKIK”

            “Akik itu ialah yang pertama “a” adalah aktif, “k” adalah kreatif, “i” adalah inovatif, dan “k” adalah kepedulian. Pramuka sejati, adalah prmuka yang aktif dalam segala kegiatan yang berhubungan dengan aspek yang berhubungan dengan nilai-nilai humanis atau nilai-nilai kemanusiaan. Yang kedua adalah kreatif. Pramuka harus punya kreativitas, tidak hanya diam, tidak hanya menunggu perintah, tetapi harus kreatif dalam semua kegiatan. Yang ketiga adalah inovatif. Ada hal baru yang perlu dikembangkan dalam kegiatan pramuka. Dan MA Al-Iman membuka lebar-lebar pintu itu untuk melakan sebuah inovasi sehingga ada karya-karya yang dilahirkan dari generasi pramuka gugus depan Ma Al-Iman. Yang terakhir adalah tidak kalah penting, sikap kepedulian terhadap sesama. Apalgi kita hidup di lingkungan pondok pesantren. Sikap penduli ini sangat penting menjadi jiwa dan ruh kita untuk peduli kepada sesama. Semoga dengan adanya pelantikan ini, akan menambah semangat adek-adek sekalian di dalam mengemban tugas sebagai pramuka di Ma Al-Iman,” imbuhnya.

            Setelah acara pelantikan usai, dilanjutkan dengan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (diklatsar) dan berbagai lomba. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, kedisiplinan, kemandirian, dan semangat pantang mundur. Kemudian Serangkai kegaiatan ini berakhir pada pukul 16.00 WIB. (AM)

Komentar (0)

Beri Komentar